Karya Pertama Haruki Murakami

Ulasan Buku Dengarlah Nyanyian Angin karya Haruki Murakami.


Bermula dari kisah aku yang ingin menulis sebuah novel. Ia terinspirasi dari Derek Heartfield yang menurutnya seorang penulis gagal. Meski begitu, ia banyak belajar dari kalimat penulis itu. 

Di sebuah bar favoritnya, Jay's Bar ia bertemu dengan Nezumi yang memiliki arti tikus dalam Bahasa Jepang. Si aku heran kenapa orang tersebut bernama Nezumi. Dalam pertemuannya mereka saling berbagi cerita. Nezumi juga memiliki ketertarikan yang sama dalam menulis. Ia ingin menulis sebuah novel yang tidak ada unsur sex dan tidak ada yang mati. Pertemuan mereka berlanjut. 


Peradaban adalah informasi. Apabila kau tidak bisa mengekspresikan sesuatu, berarti sesuatu itu tidak pernah ada.  Nol besar! Misalnya perutmu lapar. Kamu cukup mengatakan, 'perutku lapar'. Dengan begitu, aku akan memberimu kue. Silakan di- makan. Aku menjumput sepotong kue. Kalau kamu tidak mengatakan apa-apa, maka tidak akan ada kue. Nol besar! Kamu tak ingin bicara. Tapi perutmu lapar. Kemudian, kamu ingin mengungkapkan hal itu tanpa menggunakan kata-kata. Sebut saja permainan bahasa tubuh. P.20


Suatu hari, si aku menemukan seorang wanita tergeletak di toilet. Ia menemukan identitas wanita itu dan membawanya ke tempat tinggal wanita itu. Namun, ia tidak pulang malam itu, malah memutuskan tidur di sana, di samping wanita itu dan satu ranjang, meski tidak terjadi apapun. Alasan si aku menginap adalah untuk memberikan penjelasan esok pagi saat si wanita bangun dan sadar. Ternyata benar, si wanita mempertanyakan keberadaanya sambil membungkus tubuh telanjangnya dengan selimut. Si aku berusaha memberikan penjelasan agar wanita itu tidak salah paham. Bukannya marah, wanita itu malah berterima kasih dan menjadi dekat dengannya. Dan suatu hari wanita itu pamit untuk pergi. 

Sejak itu, si aku kerap tidur dengan tiga wanita. Dn itu dianggap biasa.


Peradaban adalah informasi. Tatkala sesuatu yang semestinya diungkapkan dan diinformasikan sudah tidak ada, maka peradaban akan berakhir. P.21


Setelah sekian lama, wanita itu kembali dan bertemu dengan aku. Pertemuan itu memberitakan kabar bahwa wanita itu telah menggugurkan kandungannya yang dia sendiri tak ingat pria mana yang menghamilinya. Bagaimana kelanjutan hubungan mereka?

Nezumi yang serius dengan menulis pun akhirnya menyelesaikan novelnya. Ia terus menulis. Bagaimana kelanjutan kehidupan Nezumi? 

Temukan jawaban tersebut di dalam buku ini. 


Ini adalah karya pertama penulis favorit saya, Haruki Murakami. Meskipun karya pertama Haruki Murakami belum serapi karyanya yang sekarang, setidaknya saya bisa menikmati membacanya dalam 1 jam saja. Dapat dikatakan bahwa buku ini masih ringan selain Norwegian Wood. Untuk yang ingin memulai baca buku Haruki Murakami, saya merekomendasikan buku ini terlebih dahulu untuk dibaca selain Norwegian Wood yang bergaya pop, karena alurnya ringan dan tingkat keabsurdannya masih rendah sehingga mudah untuk diikuti dan dipahami jalan ceritanya.

Terjemahannya bagus dan rapi sehingga mudah dimengerti. Memang, ya, menerjemahkan sesuatu lebih baik dari bahasa aslinya, bukan dari terjemahan Bahasa Inggrisnya. 


Orang yang berhati gelap hanya akan melihat mimpi yang gelap. Apabila hatinya lebih gelap lagi, mimpi pun dia tak bisa. P.4



Urutan buku The Rat Series:
#1 Hear The Wind Sing (buku ini)
#2 Pinbal 1973 (Saya sudah pernah baca versi Two Novel: Wind/PinballUlasannya.
#3 A Wild Sheep Chase (Saya belum pernah baca.)
#4 Dance Dance Dance (Ulasannya).

Jika kalian mau baca buku ini, diharapkan sesuai urutan agar tidak pusing saat membacanya. 

⭐⭐⭐⭐

Rose Diana



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)