Wind/Pinball

Ulasan Buku Wind/Pinball : Two Novels Karya Haruki Murakami (The Rat Series)

Novel ini dimulai dengan esai yang berjudul 'The Birth of My Kitchen-Table Fiction' yang menerangkan bagaimana Murakami mengolah karyanya seperti para chef yang mengolah makanan lezat di dapurnya. Meskipun esai, saya menikmati cara Beliau menjelaskan kisahnya.

Karena buku ini terdiri dari dua novel, novel pertama adalah Hear The Wind Sing, yang merupakan novel pertama Haruki Murakami, maka buku ini dimulai dari kisah Haruki Murakami soal perjalanan menulis novel Hear The Wind Sing dalam introduction The Birth of My Kitchen-Table Fiction. Murakami yang gemar membaca buku asing membuat ia sulit mengikuti gaya menulis penulis Jepang pada masa itu yang terkesan kaku. Ia yang tengah belajar cara menulis novel yang baik, akhirnya memutuskan untuk mengadopsi gaya menulis penulis asing yang lebih bebas. 
Murakami yang saat itu masih bekerja, mencoba mengirimkan naskahnya ke sebuah ajang menulis bergengsi yang pada akhirnya ia dikabari menjadi salah satu pemenang ajang tersebut. Perlahan Murakami mulai serius dengan dunia barunya dan memutuskan untuk berhenti bekerja untuk fokus seutuhnya pada menulis.

The Rat Series, merupakan tetralogi yang dibuat oleh Haruki Murkami. The Rat merupakan salah satu tokoh bernama Mizumi dalam Bahasa Jepang yang berarti tikus (Eng trans: The Rat) yang terdapat di dalam Hear The Wind Sing (The Rat #1), kemudian Pinball (The Rat #2), A Wild Sheep Chase (The Rat #3) dan Dance Dance Dance (The Rat #4).

Ini kesekian kalinya saya membaca Hear The Wind Sing dan sudah pernah saya ulas. Ulasannya sila baca di http://www.rosedianaa.com/2019/01/karya-pertama-haruki-murakami.html?m=1

Sekarang, mari kita beralih ke Pinball
Cerita ini diambil dari sudut pandang orang pertama, aku, sang narator. Dimulai dengan sejarah permainan pinball, kemudian dilanjut dengan obrolan Naoko dan narator yang membahas fiksi ilmiah tentang makhluk planet Venus dan Saturnus. Venusian, sebutan untuk masyarakat Venus yang mencoba hidup di bumi. Narator yang bekerja sebagai freelance penerjemah Inggris/Prancis-Jepang, juga menceritakan pergerakan pelajar Jepang di masa itu. Ia juga menceritakan ayah dan keluarga Naoko, kekasih yang dicintainya, namun Naoko meninggal karena gantung diri.

Lalu kisah berlanjut ketika narator menjumpai wanita kembar yang tengah tidur di sampingnya, sedangkan ia tidak tahu darimana wanita ini datang. Semua terasa aneh. Kehidupan aneh, ini adalah kehidupan aneh yang disajikan di buku ini. Wanita kembar ini sempat diberi nama 208 dan 209 untuk memudahkan. Nama itu diambil dari nomor saat bermain pinball. Kedua wanita itu suka minum, merokok dan bermain pinball.

Di sisi lain, kisah Rat (Nezumi) yang sempat dibahas di buku Hear The Wind Sing pun dilanjutkan. Diambil dari sudut pandang orang ketiga. Kali ini Rat (Nezumi) bersama kawannya J curhat tentang kehidupannya di J's bar. Rat memiliki kekasih yang berusaha untuk tampil sempurna di depannya, namun malah membuat Rat menjadi sedih dan gelisah.

Di buku ini tidak banyak membahas soal Rat yang kabarnya buku ini merupakan buka kedua dari The Rat Series.

Tidak ada plot twist di sini. Alurnya pun datar dan biasa saja, namun saya menikmati kisah narator. Saya maklumi, karena saat menulis ini, jam terbang  Murakami belum begitu tinggi, sama seperti buku Hear The Wind Sing.


Urutan buku The Rat Series:
#1 Hear The Wind Sing (Sudah ada versi Indonesianya dengan judul Dengarlah Nyanyian Angin. Ini adalah buku pertama Haruki Murakami). Ulasannya.
#2 Pinbal 1973 (Saya sudah pernah baca versi Two Novel: Wind/Pinball. (buku ini)
#3 A Wild Sheep Chase (Saya belum pernah baca.)
#4 Dance Dance Dance. Ulasannya

Jika kalian mau baca buku ini, diharapkan sesuai urutan agar tidak pusing saat membacanya. Saya baca versi Bahasa Inggris. Sepertinya, belum ada versi Bahasa Indonesianya.


⭐⭐⭐⭐/5
 
rose diana

September Wrap-Up



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Memoirs of A Geisha - Arthur Golden

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)