Birthday Girl - Haruki Murakami

BIRTHDAY GIRL adalah cerita pendek ketiga yang terdapat di dalam buku Desire. Cerita ini menceritakan tentang seorang perempuan yang bekerja di restoran Italia di distrik Roppongi, Tokyo sebagai waiter. 

Dia seringkali melihat sang manajer mengantar makanan untuk Sang Owner yang belum pernah dia lihat. Suatu hari, manejer tiba-tiba sakit dan masuk rumah sakit. Manejer meminta gadis ini untuk menggantikannya mengantar makanan untuk Owner di kamar 604 jam 8. Pada jam 8, dia mengantarkannya ke kamar 604. Manejer berpesan, cukup tekan bel dan katakan makanannya sudah datang. Tunggu jawaban lalu kembali bekerja. Karena tidak ada jawaban, perempuan ini terus menekan bel sampai pintu kamar 604 terbuka. Saat itu, pertama kali dia bertemu Owner. Sudah tua dan lebih pendek darinya. Owner bertanya berapa usianya. Perempuan itu menjawab bahwa hari ini adalah ulang tahunnya ke 20. Owner memberi selamat dan mengajaknya ngobrol barang lima menit. Dalam obrolannya, Owner menanyakan harapan si perempuan dan berjanji akan mengabulkannya. One present. Namun, si perempuan tidak mengatakan harapannya. Baginya, itu tidak mungkin karena usia dua puluh tahun bukan lagi usia yang sekedar dongeng semata. 

Singkat cerita, selang beberapa tahun kemudian, perempuan ini keluar dari pekerjaanya dan menikah. Dikarunia dua orang anak. Dia sangat menikmati kehidupannya. 

Suatu hari dia bertemu dengan temannya (aku, si narator). Narator bertanya apa sebenarnya harapan perempuan ini dulu. Tapi, tetap tak dijawab. Perempuan itu membalikkan pertanyaan kepada narator. Jika narator berada di posisinya saat usia 20 tahun, apa harapan yang akan dikatakan ke Owner?

Narator menjawab, "Saya tidak dapat berpikir apapun. Sudah terlalu lama ulang tahun ke 20."
Perempuan itu bertanya lagi, "Kamu benar-benar tidak bisa berpikir apapun?"
Narator mengangguk. 
"Tidak satupun?" tanya perempuan itu lagi.
"Tidak satupun," jawab narator.
"Itu karena kamu sudah membuat harapanmu."
You can't change your mind afterwards and take it back. 

Cerita pendek ini seakan memberikan pesan bahwa di dalam hidupmu, harapan itu sudah terwujud tanpa kamu sadari. Keinginan menjadi cantik, kaya, sukses itu adalah keinginan semua manusia. Namun, harapan yang benar-benar ingin kamu miliki, tanpa sadar sudah tertanam di dalam benak tanpa perlu berpikir lagi, yaitu hidup. 

⭐⭐⭐⭐

rose diana


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Memoirs of A Geisha - Arthur Golden

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)