Wawasan dan Diam

Orang yang berwawasan akan banyak diam dengan ketidaktahuannya. Banyak berbagi dengan pengetahuannya. Orang yang sempit wawasan, akan banyak bicara dengan ketidaktahuannya dan banyak diam dengan ketahuannya.

Orang yang berwawasan tak melulu yang memiliki deretan gelar di belakang namanya. Mereka adalah orang yang mau membaca, mencari tahu kebenaran dengan jalan yang benar dan tak bersuara dengan ketimpangan informasi. Orang seperti itu akan bijak dalam bersikap, baik dengan dirinya sendiri, sosial bahkan dengan negerinya. Orang seperti itu jarang sekali ditemukan di zaman sekarang. Tahu kenapa? Rasanya kalian sudah tahu jawabannya.

Kekuatan sosial media sangat kuat di era digital. Sosial media bisa mengembalikan kerukunan bahkan bisa jadi bumerang untuk siapa saja. Jika sosial media dibagikan untuk membagi ilmu positif dan hal positif, maka positif juga yang kita dapat. Begitu sebaliknya. Apa sih maksudnya?

Begini, orang gila adalah orang waras yang bangga dengan ketidaktahuan mereka, negativitas dan kebohongan untuk keegoisan mereka. Mereka akan mengulik kekurangan orang lain bahkan mereka sendiri tidak memiliki kelebihan sama sekali.
Ada orang seperti itu? Banyak. Dan, saya baru saja berbicara dengan orang itu beberapa waktu lalu.

Lebih baik, buka buku sekarang, baca. Baca, baca dan baca. Jangan merasa serba tahu kalau untuk membaca saja malas.

Sekian opini kali ini. Tulisan ini juga ditujukan untuk diri sendiri sebagai pengingat.

Selamat malam dan tetap positif

rose diana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Novel Botchan - Natsume Sõseki

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Heaven On Earth - Kaka HY

A Story of Two Roses : The Black Arrow - Robert Louis Stevenson