Men Without Women

Ualasan Buku Men Without Women karya Haruki Murakami

Buku ini terdiri dari tujuh cerita pendek. Salah satunya sudah pernah saya baca dan ulas. Ketujuh cerpen tersebut di antaranya:

Drive My Car
Seorang pria bernama Kafuku, seorang mantan aktor dan ditinggal istrinya. Ia mencari supir yang benar-benar coxok dengannya. Atas bantuan orang terdekat, ia menerima Misaki Watari, wanita berusia dua puluh empat tahun untuk mengantarnya berkeliling Tokyo. Kafuku tidak dapat menyetir sendiri karena lisensinya dicabut dan menderita glaukoma.  Di dalam perjalanan, Kafuku bercerita tentang kehidupannya sebagai aktor, pernikahan dan mantan kekasihnya yang bernama Takatsuki. Misaki mendengar dan sesekali menyimpulkan dari semua cerita tersebut.

Yesterday
Pria muda bernama Tanimura bekerja di sebuah restoran. Ia memiliki rekan kerja bernama Kitaru. Kitaru seringkali dianggap aneh oleh kekasihnya, Erika. Erika merasa kurang nyaman dengan hubungan mereka, meskipun Kitaru selalu ada di hatinya. Salah satu yang membuat wanita itu tidak nyaman adalah dialek Kansai yang digunakan Kitaru. Padahal sepanjang hidupnya Kitaru tinggal di Tokyo. Selain itu, Kitaru memiliki keinginan masuk universitas, tapi malas untuk belajar.

Suatu hari Kitaru mengusulkan ide aneh pada Tanimura, yaitu meminta Tanimura untuk kencan dengan Erika. Padahal Tanimura juga sudah memiliki kekasih. Di kencan pertama mereka, Tanimura dan Erika membicarakan tentang pasangan mereka masing-masing. Tanimura menceritakan semuanya kepada Kitaru, namun seminggu kemudian mereka kehilangan kontak. Tanimura tidak bisa menghubungi Kitaru dan Erika.


An Independent Organ
Tanimura menceritakan kehidupannya yang sering bermain squash pada Dr. Tokai, seorang ahli bedah kecantikan berusia lima puluh dua tahun dan belum menikah. Ia tidak pernah mencintai seorang wanita dengan serius, malah ia menyukai wanita bersuami. Beberapa bulan belakangan ia mencintai seorang ibu berusia tiga puluh enam tahun
Di cerita ini Dr. Tokai juga bercerita tentang dokter Yahudi yang melewati kehidupannya di kamp konsentrasi Auschwitz. Menurut dokter yahudi itu, kehidupan yang masih tersisa hanya kehidupannya selama di Auschwitz. Selebihnya telah hilang.
 
Scheherazade
Seorang perawat yang dijuluki Scheherazade merawat Habara di apartemennya. Perawat itu bercerita bagaimana dia jatuh cinta dengan seorang laki-laki saat sekolah, seperti diam-diam masuk ke rumahnya beberapa kali.  Dia mengamati barang-barangnya, berbaring di tempat tidurnya, dan menukar barang-barang dengan miliknya. Dia pernah menukar tampon dengan pensil dan kemudian tiga helai rambutnya sendiri dengan lencana sepak bola kecil. Dia juga pernah mencuri salah satu kemeja usang. 

Kino
Istri Kino selingkuh, sehingga Kino memutuskan unthk membuka bar dengan bantuan sang bibi. Seekor kucing dibiarkannya tinggal tanpa batas waktu.  Seminggu kemudian, seorang pria misterius bernama Kamita datang dan sering mengunjungi bar. Menurutnya, bar itu merupakan tempat yang menenangkan untuk membaca.  Beberapa waktu kemudian, pelanggan datang dengan keanehan tersendiri. Kino mencatat semua kejadian itu. Hingga suatu hari seorang wanita datang ke bar dan Kino menyukai wanita itu.

Samsa in Love
Samsa in Love merupakan cerita pendek keempat. Ini cerita pendek yang agak panjang dari empat lainnya. Cerita ini menceritakan tentang Gregor Samsa yang tiba-tiba menjadi manusia. Tidak diterangkan makhluk apa dia sebelumnya. Dia terbangun dengan fisik manusia. Untuk namanya, dia mengetahui dari bisikan di telinganya.
Di saat kebingungannya menjadi manusia, tetiba datang seorang gadis bungkuk—si tukang kunci magang. Gadis itu datang untuk memeriksa kunci yang rusak. Siapa yang meminta, Samsa juga bingung. Di dalam rumah berlantai dua, percakapan mereka terjadi. Samsa mulai merasakan perasaan yang aneh dan ingin bertemu dengan gadis itu lagi. Namun, gadis itu seakan enggan untuk bertemunya. Tapi, Samsa yakin bahwa mereka akan bertemu lagi suatu hari nanti. Saat ini yang harus dia lakukan adalah belajar untuk memahami dunia manusia, dari cara berpakaian yang baik, berjalan yang baik dan segala hal yang menyangkut dunia manusia.
The world was waiting for him to learn.
Meskipun bagi saya cerita ini sedikit aneh, tapi lumayan sekedar untuk menghibur. Membayangkan ekspresi Samsa yang seperti orang bodoh membuat saya tergelitik. Apalagi saat dia bicara dengan wanita itu. Banyak yang dia tidak mengerti maksud dari perkataan si gadis bungkuk.

Men Without Women
Kisah ini bermula setelah narator mendapat kabar bahwa mantan kekasihnya, "M" meninggal dunia karena bunuh diri.
Narator menceritakan kisah cintanya dengan "M", mantan kekasih yang ia cintai saat usia empat belas tahun. Ia menceritakan pertemuan mereka hingga bagaimana mereka berpisah. Ia merasa sedih setelah menengar kabar kepergian mantan kekasihnya yang sudah menikah itu. Ia menganggap bahwa dirinya paling kesepian di dunia setelah suami mantan kekasihnya. Ia juga menyebut dirinya berada di taraf kehidupan " Men without Women".

Kesimpulan di buku ini menceritakan tentang kehilangan orang yang dicintainya. Tokoh utama di semua cerita di sini adalah pria yang kehilangan wanita yang dicintainya.

⭐⭐⭐
July wrap-up



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Novel Botchan - Natsume Sõseki

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Heaven On Earth - Kaka HY

A Story of Two Roses : The Black Arrow - Robert Louis Stevenson