The Kingdom that Failed

Ulasan Cerita Pendek The Kingdom that Failed karya Haruki Murakami


The Kingdom that Failed adalah cerita pendek terbaru karya Haruki Murakami yang diterbitkan di thenewyorker.com pada 13 Agustus 2020 lalu yang diterjemahkan Jepang-Inggris oleh Jay Rubin.

Cerita pendek ini menceritakan tentang Q yang merupakan kawan lama si narator (I). Q punya karakter yang tidak pernah marah meskipun orang melakukan hal yang tidak baik padanya dan dia tidak pernah melakukan yang merugikan orang lain. Dengan kata lain sifatnya manis banget, deh.  Selain karakternya yang baik, Q juga memiliki wajah yang sangat tampan. Q bekerja di salah satu stasiun televisi. Q terlibat rumor skandal dengan seorang aktris yang narator pun tidak tahu siapa dia. Singkat cerita, cerpen ini menceritakan tentang Q.

Ini adalah cerpen terpendek dan terpop milik Haruki Murakami yang saya baca. Saya membaca cerpen ini kurang dari 15 menit karena sebegitu pendek dan ringannya. Tidak seabsurd biasanya.

Sebenarnya, ceritanya tidak ada hubungan dengan sebuah kerajaan. Murakami memberi judul The Kingdom that Failed karena membaca sebuah artikel tentang African kindom that had failed.

"To see a splendid fade away is far sadder than seeing a second-rate republic collapse".

⭐⭐⭐

rose diana

📖 newyorker.com
Link untuk baca di sini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Hujan - Tere Liye

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq