Pencarian Ibu Kandung yang Tak Mengharapkannya.

Ulasan Buku The Star and I karya Ilana Tan.

Blurb:
"Kulihat dunia dalam matamu dan masa depan dalam senyummu..."
Sejak kecil, Olivia Mitchell ingin tahu siapa orangtua kandungnya. Jadi, ketika ia mendapat kesempatan bekerja di New York, ia pun menyambarnya tanpa ragu. Namun, mencari seseorang tanpa nama di kota sebesar New York adalah sesuatu yang mustahil. Kini kontrak kerja Olivia akan segera berakhir, dan Olivia menolak pulang ke Inggris sebelum berhasil melacak keberadaan orangtua kandungnya. Itu berarti ia harus segera mencari pekerjaan baru supaya ia bisa tetap tinggal di New York. Seolah-olah semua itu belum cukup memusingkan, Olivia mendadak bertemu kembali dengan Rex Rankin---sahabat masa kecilnya, sekaligus cinta pertamanya yang gagal---yang muncul untuk menawarkan bantuan.


Review: 

'Perasaanku selalu sama seperti sembilan tahun lalu.'

Bahagia bukan main ketika penulis favorit mengeluarkan karya terbaru. Cukup lama Ilana Tan tidak mengeluarkan karya baru setelah In a Blue Moon. Ketika PO, langsung preorder tanpa pikir panjang. 

Ciri khas Ilana Tan adalah kisah ringan, bikin senyum-senyum dan mendebarkan. Dalam buku The Star and I, Ilana Tan memperkenalkan Rex Rankin dan Olivia Mitchell. Karakter Rex mengingatkan saya dengan Lucas di In a Blue Moon. Namun, perbedaannya Rex dan Olivia tidak dijodohkan dan Olivia tidak membenci Rex, seperti Shopie yang membenci Lucas. 

Ada hal terbaru yang dilakukan Ilana Tan di dalam buku ini, yaitu penyelidikan. Bagi yang menyukai proses penyelidikan, akan menikmati ceritanya, meskipun penyelidikan di sini bukanlah penyelidikan kasus kriminal, melainkan pencarian ibu kandung Olivia. 

Robert selaku penyelidik swasta yang membantu Olivia dan Rex dalam mencari ibu kandung Olivia tanpa bekal informasi apapun, bahkan namanya saja tidak tahu. Namun, Robert berhasil. Sayang sekali, pertemuan Olivia dengan ibu kandungnya tidak semanis yang ia bayangkan. Namun, ia bersyukur sudah dipertemukan. Setidaknya, Olivia bisa meneruskan hidupnya di Inggris dengan tenang. Tentunya, bersama Rex Rankin yang memastikan ia baik-baik saja selama hidupnya.

Saya suka karakter Rex Rankin yang dingin, kikuk, kaku, tapi perhatian dengan Olivia. Karakter Olivia yang ceria pun mengimbangi sifat dingin Rex. Apalagi, saat Olivia bertemu ibu kandungnya dan mengetahui alasan Kate Lin meninggalkannya di panti asuhan, Rex menggenggam tangan Olivia begitu hangat. Memberi ketenangan seolah berkata I'm here. 

Seperti biasa, saya butuh waktu untuk move on setelah baca buku Ilana Tan karena karakternya benar-benar hidup dan ikut berdebar. 

Ada beberapa kesalahan tik, seperti tik dua kali dan kekurangan kata sehingga terkesan rancu, seperti 'jatuh cinta pada salah pelanggannya'. Bukankah seharusnya 'jatuh cinta pada salah satu pelanggannya.'? Namun, kesalahan tik hanya sebagian kecil saja, tidak mengurangi keseruan membacanya. 

Terima kasih Ilana Tan atas kisah Rex dan Olivia yang menyenangkan. 

⭐⭐⭐⭐

Rose Diana


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Botchan - Natsume Sõseki

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

A Story of Two Roses : The Black Arrow - Robert Louis Stevenson