Awal Mula Munculnya Monyet Shinagawa yang Mencuri Nama.

Ulasan cerpen A Shinagawa Monkey karya Haruki Murakami


Cerita ini adalah awal mula adanya keanehan monyet Shinagawa di cerita Confession of A Shinagawa Monkey. Di cerita ini diceritakan dari mana monyet itu berasal. 

Bermula dari seorang wanita bernama Mizuki Ando yang lahir dari keluarga yang tidak mencintainya dan menikah dengan pria yang tidak dicintainya. Mizuki tiba-tiba tidak mengenali namanya sendiri saat kartu tanda pengenalnya hilang. Anehnya, hanya namanya saja yang dia tak ingat. Dia masih mengingat apapun termasuk nama orang terdekat. Jika ini amnesia, rasanya aneh. Dia memutuskan membeli gelang beserta ukiran namanya di bagian dalam agar jika ditanya nama, dia bisa melihatnya dari gelang tersebut. 

Setelah seminggu berlalu. Mizuki merasa tidak nyaman hidup seperti ini. Dia memutuskan mengunjungi konselor untuk memecahkan masalahnya. Konselor tersebut bernama Tetsuko Sakaku. Mizuki menceritakan semuanya, termasuk tentang keluarga dan teman sekamar di Yokohama saat masih SMA. 

Mizuki memiliki teman sekamar bernama Yuko Matsunaka. Yuko menitipkan kartu tanda pengenalnya kepada Mizuki saat dia izin pulang ke rumah karena ada pemakaman di keluarga, meskipun saat pihak sekolah menghubungi keluarga Yuko, pada kenyataannya tidak ada pemakaman di keluarga saat itu. Yuko kabur dari asrama dan memutuskan bunuh diri. Sejak itu, Mizuki masih menyimpan kartu tanda pengenal Yuko. 

Bukan hanya kartu tanda pengenal Mizuki yang hilang, kartu pengenal milik Yuko pun ikut dicuri. 

Tetsuko mengajak Mizuki ke suatu tempat, di mana ada suami Tetsuko dan staf suaminya, Sakurada. Mereka mengajak Mizuki ke sebuah ruangan. Mizuki terkesiap saat melihat seekor monyet yang sebesar anak SD dan dapat berbahasa manusia. Monyet itulah yang mencuri kartu tanda pengenal Mizuki dan Yuko. Bagaimana monyet itu mencuri tanda pengenal Mizuki dan Yuko? Apa alasan monyet tersebut mencuri nama orang lain? Silakan temukan jawabannya di cerpen ini. 

Alur yang tidak begitu rumit membuat cerpen ini bisa tamat dalam sekali duduk. Saya baca cerpen ini di newyorker.com

Menariknya cerpen Haruki Murakami adalah ada plot twist yang tak terduga di tengah cerita, seperti membelok cerita meskipun tetap nyambung juga sehingga tidak terasa datar. Untuk nuansa misteri, lebih baik Confession of A Shinagawa Monkey, sih. 

Bahasa Inggris yang digunakan di cerpen ini tidak sulit, masih menggunakan kosakata yang ringan sehingga dapat dinikmati oleh siapa saja, termasuk yang tidak begitu pandai Bahasa Inggris.  




⭐⭐⭐⭐

rose diana

August Wrap-Up
📖 newyorker.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Memoirs of A Geisha - Arthur Golden

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)