Kisah Tragis Sebuah Keluarga Terpandang dan Kaya Raya di Holcomb, 1959.

Ulasan Buku In Cold Blood karya Truman Capote.

Buku ini menceritakan satu keluarga terpandang dan kaya raya terbunuh tiba-tiba di suatu pagi. Kelurga ini dikenal santun dan ideal keluarga impian, namun harta membuat mereka terancam. Mereka ditemukan tewas di rumahnya di River Valley Farmasi, Holcomb pada 16 November 1959. Mereka dibunuh oleh Richard Hickock (Dick) dan Perry Smith. Motifnya adalah uang sebesar 50 dolar. 

Pada bab pertama, Saat Terakhir Kehidupan Mereka, pembaca diajak berkenalan dengan keluarga Herb Clutter, satu malam sebelum pembunuhan tragis itu terjadi. Mereka mengadakan pesta makan bersama dengan anak-anaknya. Istrinya yang sakit pun menunjukkan kemajuan positif.  

Pada bab kedua, Orang-Orang yang Tak Dikenal, misteri pembunuhan pun dimulai. Namun, saya tidak perlu repot menerka-nerka pembunuhnya, karena pada dasarnya ini berasal dari kisah nyata yang terjadi di Holcomb Kansas, yang sengaja ditulis oleh Truman Capote. Alurnya juga sederhana layaknya laporan peristiwa, namun dikemas dengan epik sehingga tidak terasa tengah membaca laporan kasus pembunuhan. 

Meskipun buku ini adalah buku non fiksi, Truman berhasil membawa saya menikmati buku ini layaknya fiksi kriminal yang menarik. Truman melakukan wawancara dan investigasi secara mendalam baik dalam penyelidikan maupun psikologis, sehingga membuat saya hanyut mengikuti pertualangan kasus ini. 

Kelemahannya, pada beberapa bagian saya menemukan terjemahan yang kurang enak dibaca. Seperti pada halaman 394 tertulis, 'Keberadaan penjara wilayah memberi sifat yang pertama sementara yang disebut sebagai Rumah Sheriff.' Akan menjadi enak dibaca jika diterjemahkan menjadi, 'Keberadaan penjara wilayah memberi sifat sementara pertama yang disebut sebagai Rumah Sheriff.' Meskipun begitu, miss translate hanya kekurang minor saja.

Sila baca sendiri bukunya untuk kisah kasus ini secara terperinci. Buku ini dapat dibaca di IPusnas. Selamat mengantre. 😗

⭐⭐⭐⭐⭐/5


Rose Diana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)