A Story of Two Roses : The Black Arrow - Robert Louis Stevenson

ULASAN NOVEL SASTRA KLASIK: THE BLACK ARROW - ROBERT LOUIS STEVENSON

Buku ini menceritakan tentang Story of Two Roses yang merupakan kisah fiksi dari konflik sejati yang terjadi pada abad 15 di Inggris. Beberapa karakter, seperti Richard Crookback dan Duke of Gloucester adalah tokoh sejarah.

Selama Perang Roses Shelton, Richard "Dick" masih berusia 17 tahun, yang merupakan anak yatim yang diangkat anak oleh seorang ksatria korup bernama Sir Daniel Brackley. Sir Daniel menggunakan Dick untuk menghasilkan uang. 

Saat itu terjadi pertikaian antara dua pasukan antara Lancaster dengan York yang mana pertikaian ini dirancang oleh Sir Daniel, sehingga sebuah persekutuan penjahat memanggil Black Arrow dan mengirimkan pesan melalui panah hitam kepada Dick yang berisikan tentang siapa Sir Daniel sebenarnya. Mereka berencana untuk membunuh Sir Daniel dan beberapa anak buahnya. Hal ini juga menunjukkan bahwa Sir Daniel mungkin terlibat dalam kematian ayahnya Dick.

... and he began to understand what a wild game we play in life; he began to understand that a thing once done cannot be undone nor changed by saying "I am sorry!

Dalam perjalanannya untuk menemui Sir Daniel, Dick bertemu dengan seorang anak laki-laki yang bernama John Matcham, sebenarnya adalah seorang gadis bernama Joanna Sedley. Joanna melarikan diri dari Sir Daniel yang menculiknya. Dick tidak tahu apa-apa tentang masalah ini. John mencoba meyakinkan Dick untuk memihak Black Arrow, sebagai dua wajah dalam perjalanan mereka. Ketika Dick mengetahui bahwa John adalah Joanna, dia jatuh cinta apda gadis itu. Sir Daniel akhirnya merebut kembali Joanna, sedangkan Black Arrow menyelamatkan Dick.

Dengan bantuan Black Arrow dan pasukan York, Dick berusaha menyelamatkan Joanna. Dia bahkan mencuri sebuah kapal yang disebut Good Hope, tetapi upaya penyelamatan melalui laut gagal. Saat melacak keberadaan Sir Daniel, Dick dan sekutunya melawan kelompok lain yang dipimpin oleh Sir Foxham, wali Joanna. Foxham mengatakan bahwa dia mengizinkan Joanna untuk menikah dengan Dick dan membuat surat rekomendasi kepada Richard Crookback, Duke of Gloucester, menggunakan nama Dick.

Dalam perjalanan, Dick bertemu Crookback dan berencana melawan pasukan Lancaster dan membantu Crookback menang. Crookback menjadikan Dick seorang komandan dan akhirnya menjadi ksatria. Dia memberi Dick seekor kuda untuk melawan Sir Daniel. Dick menyelamatkan Joanna, meskipun dia kehilangan banyak pasukannya. Dick juga menyelamatkan temannya Joanna, Alicia Risingham. Mereka berusaha tiba di Holywood sebagai tempat yang aman. Di sana, Dick dan Joanna menikah.

Dick dipaksa untuk bersaing dengan Sir Daniel pada hari pernikahannya. Sekutu yang bekerja sama dengan Dick melarikan diri lewat jalur laut. Ketika Sir Daniel mundur dari Dick, Ellaw Duckworth melarang Sir Daniel dengan panah hitam.

Buku ini memang benar-benar sastra klasik Inggris di mana masih menggunakan bahasa kuno yang mungkin sulit dipahami oleh remaja meskipun buku ini boleh dibaca oleh pembaca berusia remaja. Banyak kosa kata yang membuat saya berhenti beberapa kali untuk mencari makna tersebut dari kamus sehingga untuk menyelesaikan buku ini butuh waktu yang tidak cukup satu minggu, tetapi sebulan lebih dengan mood yang kerap berubah. Setelah menamatkan buku ini, rasanya lega sekali.
Bagi kalian yang memang menyukai sastra klasik, buku ini layak untuk dibaca dan ditelaah lebih dalam, atau mungkin bisa menjadi bahan kritik sastra.

⭐⭐⭐⭐

Sekian. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)