Era yang Harus Melek

Menjadi pemuda di era milenial dan melek teknologi seperti sekarang ini, perlu juga siap bersaing dengan dunia. Salah satu contoh adalah melek akan bahasa asing. Bukannya tak cinta Indonesia.

Begini, untuk mengenalkan indahnya alam, sedapnya kuliner dan Bahasa Indonesia ke dunia, perlulah kita melek bahasa asing, dalam hal ini adalah Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Ketika kita dituntut mengerti dan memahami tata Bahasa Inggris (grammar) dan tata bahasa asing lainnya, kenapa tidak kita tuntut juga warga asing untuk mempelajari tata Bahasa Indonesia?

Kuliner Indonesia sudah terkenal akan kelezatannya di kancah dunia. Begitupun keindahan alamnya. Kenapa tidak kita duniakan juga Bahasa Indonesia? Selain sebagai Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia juga bisa mendunia.

Di youtube, beberapa kali saya menemukan video orang bule dengan usahanya belajar Bahasa Indonesia dengan caranya atau youtuber asing dengan Bahasa Indonesia yang tak tertata dan terbolak-balik. Syukurlah orang kita bisa memahami apa yang dikatakannya. Bukan sekedar yang penting bisa ngomong Indonesia. Tapi, kita juga berkewajiban mengenalkan Bahasa Indonesia beserta tata bahasanya kepada mereka. Memang, orang kita terlalu bertoleransi akan hal itu. Jika kita dituntut memahami tata bahasa asing, kenapa kita tak ajarkan tata bahasa Indonesia juga kepada mereka?

Mari menduniakan Bahasa Indonesia!

Salam,

rose diana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)