Ulasan Novel Five Little Pigs - Agatha Christie


Judul: Five Little Pigs (Mengungkap Pembunuhan)
Penulis : Agatha Christie
Penerbit : GPU
Tahun Terbit (Indonesia) : 2017
Pertama kali terbit di Inggris tahun 1942
Cetakan ke : 8
Bahasa : Indonesia (dari British)
Tebal : 360 halaman
ISBN : 9789792283655


BLURB

Hasrat Amyas Crale pada lukisan dan wanita membuat namanya terkenal. Namun pembunuhan atas dirinya membuat namanya tercemar. Enam belas tahun kemudian, istrinya yang cemburu dituduh dan dijatuhi hukuman seumur hidup karena pembunuhan yang menggemparkan. Kini Carla, putri mereka, wanita muda yang yakin ibunya tidak bersalah, menghadapkan Hercule Poirot pada tantangan yang menggoda: memulihkan nama baik ibunya dengan kembali ke tempat terjadinya pembunuhan dan mencari kekurangan fatal pada kejahatan yang sempurna itu



RINGKASAN ISI

Clara Lemarchant mendatangi Hercule Poirot untuk meminta pertolongan mengungkap pembunuhan ayahnya Amyas Clare. Clara meyakini bukan ibunya (Caroline) yang membunuh. Amyas meninggal diduga karena menenggak minuman beracun.

Saat kejadian itu, Poirot masih muda. Untuk mencari informasi, Poirot mendatangi jaksa, pengacara, hingga polisi. Masing-masing dari mereka mengutarakan pandangan yang berbeda terhadap Amyas dan Caroline dan mencurigai orang terdekat keluarga Clare. Selain itu, Poirot juga mendatangi keluarga Blake, tetangga keluarga Clare. 

Dari pengumpulan data tersebut, Poirot mengambil kesimpulan dan mengajukan pertanyaan kepada lima orang yang di curigai. Usai wawancara, Poirot melakukan rekontruksi hingga ditemukan fakta kebenarannya. Pelakunya tak disangka-sangka.

Masa muda adalah masa yang rawan. Masa muda itu kejam—sekaligus penuh keyakinan. Penuh harapan, juga penuh persyaratan. ~Mr. Jonathan~


ULASAN

Seperti biasa cara wawancara Hercule Poirot yang perlahan tapi pasti bisa mengungkap siapa pembunuhnya. 

Kasus kali ini adalah mengungkap pembunuh Amyas Crale sebenarnya. Setelah pengadilan menjatuhkan hukuman kepada istri Amyas, Caroline Crale dan akhirnya wanita itu pun menghembuskan napas terakhirnya pula, anak mereka, (Clara Lemarchant) meyakini bahwa ibunya tidak membunuh ayahnya. Clara meminta bantuan Poirot untuk mengungkap kasus ini. Ada lima orang yang dicurigai Poirot. Dia mewawancarai jaksa, polisi, pengacara, pengasuh hingga tetangga Clare. Siapa sangka pelakunya tak diduga duga adalah orang terdekat. 

Lima Babi Kecil adalah istilah Poirot dalam kasus ini sebab dia tetiba teringat sajak kanak-kanak yang berjudul Lima Babi Kecil. Sajak itu berbunyi :

Babi kecil yang ini pergi ke pasar
Babi kecil yang ini tinggal di rumah
Babi kecil yang ini makan daging panggang
Babi kecil yang ini tak punya apa apa
Babi kecil yang ini menangis "Hik! Hik! Hik! Aku tersesat tak bisa pulang!"

Masing masing babi di atas di anggapkan sebagai kelima orang terdekat Amyas Clare oleh Poirot. Siapa mereka? Silakan temukan sendiri! 

Buku ini menarik. Khas kasus Hercule Poirot adalah pelaku tak terduga. Seringnya, orang yang paling terdekat. 

BTW, kertas di samping buku itu adalah hasil pemetaan tokoh di dalam buku ini. Saya mah gitu kalau baca buku misteri, biar tidak keder sendiri.  

Nilai untuk novel ini 8/10. 

Sekian


Rose Diana
090218
23.27




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)