Ulasan Novel Beside You - Uliane


Judul : Beside You
Penulis : Uliane
Penerbit : Grasindo
Tahun Terbit (Indonesia) : 2017
Cetakan ke : 1
Bahasa : Indonesia
Tebal : iv + 187 halaman
ISBN : 9786023759606


BLURB

Tak ada yang pernah bermimpi untuk jadi pemeran pengganti. Setiap orang ingin menjadi pemeran utama. Namun, bagaimana jika hidup memaksa untuk menerima takdir sebagai pemeran pengganti?

Itulah yang terjadi pada Riri, seorang gadis yang terpaksa menikah dengan laki-laki yang tidak ia cintai. Riri menggantikan posisi saudara kembarnya untuk menikah dengan Erick demi nama baik ayahnya. Lalu, sanggupkah Riri bertahan? Dapatkan ia menemukan cinta dari Erick, pria yang begitu dingin dan tidak dikenalnya?


RINGKASAN ISI

Riri dijodohkan oleh Ayahnya kepada lelaki bernama Erick yang sebelumnya dijodohkan dengan saudara kembar Riri, Rere. Namun, Rere hamil oleh Beny, pacarnya. Dengan terpaksa Riri mengikuti perjodohan itu. 

Di awal pernikahan, Riri diperlakukan tidak menyenangkan oleh Erick. Kesabaran Riri nampaknya mampu meluluhkan hati Erick. Ketika mereka sudah merasakan benih cinta dalam rumah tangganya, datang seorang anak bernama Andre. Kabarnya, anak itu adalah anak Sarah, mantan tunangan Erick yang meninggal karena kanker rahim. Riri menerima Andre menjadi anaknya. Dia merawat anak itu dengan kasih sayang. Hal itu membuat Erick semakin cinta kepada istrinya. 

Saat keluarga kecil itu tengah berbahagia, datanglah Arletta sebagai penganggu rumah tanggan Riri dan Erick. Dulu, Arletta sempat mencintai Erick namun karena sahabatnya, Sarah bertunangan, ada amarah yang tersimpan dalam hati Arletta. 

Arletta memberikan surat dari Sarah kepada Erick. Surat itu menyakiti perasaan Erick. Namun lelaki itu belum bisa menceritakannya kepada Riri. Akhirnya, Riri menanyakan langsung kepada Arletta. Dia hanya ingin Riri meninggalkan Andre dan suaminya. 

Riri sudah mulai mencintai Erick. Dengan berat hati dia meninggalkan suami dan anaknya demi Arletta. 


ULASAN

Terus terang, saya membeli novel ini agak terpaksa sewaktu menghadiri temu penulis wattpad di gramedia matraman. Saya terpaksa beli karena melihat yang lain pada memegang buku salah satu penulisnya. 

Dari kover memang manis. Saya kira dibaca lima juta kali ceritanya akan jauh menarik. Ketika membaca halaman pertama, typo dan pengulangan kata sudah membuat mata saya sakit. Beberapa halaman berikutnya typo tidak terelakan. Di situ saya merasa malas untuk melanjutkan membacanya. Namun, saya tidak ingin dibaca setengah-setengahnya. 

Di bagian pertama, ceritanya membosankan dan seperti sinetron dan FTV. Saya rasa sudah mainstream. Beberapa kalimat nampaknya lebih baik dipangkas. Entah apa yang dipikirkan penulis dengan melakukan pengulangan kata berulangkali. 

Dalam menentukan pov, saya rasa penulis lupa akan konsistensinya. Jika memang memakai pov campuran, seharusnya ada keterangan di awal pergantian pov. Pada Bab 16 menggunakan pov Riri. Di bab 17 ada perubahan pov. Tidak mungkin jika bab 17 masih memakai pov Riri. Masa Riri bisa tahu apa yang dipikirkan Arleta dan yang dilakukan Erick, Sarah dan Arleta. Apalagi perubahan pov itu tidak hanya di dalam satu bab saja, melainkan 3 bab (bab 17-19). Ini sungguh mengganggu, loh. 

Di bagian menuju akhir, saya baru mulai merasakan nyawa dari tokoh Riri. Bila saja pemberian nyawa itu dimulai dari awal, typo dan pengulangan kata dikurangi, kemungkinan pembaca akan merasa nyaman untuk membacanya. Serta akan menjadi menarik.

Poin untuk novel ini
Rose Diana
011217
19.20

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)