Ulasan Novel Heaven On Earth - Kaka HY



Judul : Heaven on Earth
Penulis : Kaka HY
Penerbit : Gagasmedia
Tahun Terbit (Indonesia) : 2011
Cetakan ke : 1
Bahasa : Indonesia
Tebal : 256 + viii halaman
ISBN : 9789797804657

BLURB

Tak terhitung sudah berapa kali ini terjadi...

Jatuh dan membuatku merasa kecil di dunia ini. Kecewa dan membuatku berhenti untuk percaya orang lain. Dikhianati dan membuatku pesimis terhadap cinta. Seperti burung kecil yang baru terbang, dunia menyuruhku untuk belajar semua hal dalam waktu singkat. Aku dipaksa untuk menentukan segala-segalanya seorang diri. Tiba-tiba saja, hidup dewasa tidak semenyenangkan di pikiranku selama ini.

Tapi kau selalu siap berdiri di belakangku...

Kau tetap menyemangati dan berkata semuanya akan baik-baik saja. Tak putus-putusnya yakin aku bisa mencapai apa pun yang kuinginkan di saat yang lainnya benar-benar meragukanku. Kau membuatku merasa berharga.

Jujur saja, aku lelah berjuang terus. Tapi demi dirimu aku belum akan menyerah dulu. Mungkin aku harus berusaha lebih keras. Mungkin aku harus mencoba sekali lagi - entahlah. Aku tidak akan mengeluh.
Kau membuatku sadar..., ternyata sejak awal, aku tak pernah dibiarkan sendiri. 


RINGKASAN ISI

Menceritakan tentang dua orang gadis, Carla dan Lorent.

Carla yang kehilangan ayahnya karena kecelakaan bus. Dia tinggal bersama Bunda dan adiknya, Alon. Sepeninggal ayahnya, Bunda harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tak lama, Bunda mendapatkan pekerjaan di perusahaan asuransi. Ketika Bunda bekerja, Carla mendapat tugas untuk menjaga adiknya. Bukannya menyenangkan, kehadiran adiknya membuat Carla terganggu dan seringkali dibuat kesal. Apalagi ketika dia harus bertemu dengan Naga, lelaki yang baru saja dikenalnya. Suatu waktu Carla dan Naga jalan di mall sambil membawa Alon. Tapi, Alon tetiba menghilang. Saat itu mereka panik mencari Alon. Saat Alon ditemukan, Carla mulai merasa betapa pentingnya kehadiran Alon dan Bunda.

Berbeda dengan Lorent. Orangtuanya sudah lama bercerai. Lorent tinggal bergantian. Senin sampai Jumat dia tinggal di rumah mamanya. Sabtu dan Minggu di rumah papa. Tetiba, papanya mengabarkan bahwa ingin menikah lagi. Lorent tidak ingin papanya menikah lagi. Dia hanya ingin keduaorangtuanya kembali seperti dulu. Dia mencoba menyatukan mereka kembali namun tidak ada hasil. Bahkan mamanya terlihat santai ketika Lorent memberitahu bahwa papanya akan menikah lagi. Kedua orangtua Lorent memberikan pemahaman bahwa meskipun mereka sudah tidak bersama lagi, kasih sayang mereka akan selalu ada untuk Lorent. Lorent mencoba mengerti.

ULASAN

Sebenarnya ini novel yang sudah lama saya baca namun baru sempat diulas. Kovernya sangat manis. Blurb dan judul yang menyentuh membuat saya tertarik untuk membelinya. Tapi sayang, isi tidak selaras dengan sampulnya.
Saya mengharapkan penulis akan memberikan konflik yang klimaks. Namun, konflik yang diberikan penulis antiklimaks. Alur ceritanya sederhana, datar dan terkesan mencari aman. Tokohnya pun tidak dibuat mendalam. Sedih, menderita hanya dibuat selewat saja. Seharusnya penulis bisa lebih memperdalam karakter masing-masing tokoh.
Sepertinya penulis ingin menyampaikan pesan tentang seberapa pentingnya peran keluarga. Selama masih ada, dijaga hubungannya. Heaven on earth yang dimaksud adalah keluarga.

Untuk ukuran novel perdana, cukup baik. 

Rose Diana
011117
23.40



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)