Ulasan Novel In A Blue Moon - Ilana Tan




Judul : In a Blue Moon
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : GPU
Tahun Terbit (Indonesia) : 2015
Cetakan ke : 6
Bahasa : Indonesia
Tebal : 320 halaman
ISBN : 9786020314624

BLURB

“Apakah kau masih membenciku?”
“Aku heran kau merasa perlu bertanya.”

Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu—oh, bukan!—melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, kadang-kadang—ini sangat jarang terjadi, tentu saja—kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat.

RINGKASAN ISI

Lucas Ford, koki handal sebuah restoran terkenal di New York, Ramses. Dia dijodohkan oleh kakeknya (Gordon Ford) dengan seorang gadis – cucu dari teman Gordon Ford. Perjodohan ini membuat Lucas dirudung masalah. Bukan karena perjodohannya, melainkan siapa gadis yang dijodohkan dengannya. Gadis itu adalah Sophie Wilson, teman SMA yang sangat membencinya. Bagi Sophie, tidak ada kesan yang baik untuk seorang Lucas. Namun, Lucas tetap berusaha mengambil hati Sophie demi membahagiakan kakeknya dan merubah pandangan gadis itu tentangnya. Kini Lucas bukanlah anak bodoh seperti sewaktu SMA - yang Sophie pikirkan. 

“Apakah kau tahu, hanya ada garis tipis yang memisahkan perasaan benci dan cinta?” (hlm 100)

Sophie memiliki toko kue yang terkenal, A Piece of Cake. Hal yang sama menghampiri Sophie ketika mengetahui bahwa kakeknya menjodohkan dengan seorang lelaki bernama Lucas Ford. Rasa benci Sphie masih terpendam kuat. 

Usaha Ford yang kerap memberikan kejutan membuat Sophie perlahan luluh. 

“Kau mungkin tidak sempurna, tapi kau sempurna untukku.” (hlm 231)

ULASAN

Novel ini adalah novel lama yang saya baca pada tahun 2015. Karena novel ini juga membangkitkan semangat untuk menulis lagi setelah sekian tahun vakum. Karya Ilana Tan selalu mengambil latar luar negeri. Penulis satu ini terkenal dengan gaya menulis cerita metropop. Sebelumnya pernah membaca tetralogi empat musim dan Sunshine Become You. Cara bercerita Ilana Tan selalu sederhana namun kena di hati. Namun di novel ini, sedikit datar untuk emosinya. Akhir yang bahagia membuat gebrakan baru untuk karya Ilana Tan yang melulu berakhir sedih. 

“Aku bersedia melakukan apa pun agar kau tetap berada di sisiku, bersamaku, selama kau juga menginginkan hal yang sama.” – Lucas Ford, page 289

Kover yang menarik hati terlihat manis dengan gambar sebuah toko kue. Alur yang nyaris aman dan akhir yang berbeda, membuat novel ini berbeda dengan lima novel sebelumnya. Sepertinya penulis ingin mencoba untuk tidak melulu berakhir sedih. 

Saya akan menunggu karya Ilana yang terbaru, sebab dia termasuk salah satu penulis idola saya. 


Rose Diana
011117
12.49

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)