Ulasan Novel Flat Shoes Oppa - Citra Novy


Judul : Flat Shoes Oppa
Penulis : Citra Novy
Penerbit : Grasindo
Tahun Terbit (Indonesia) : 2015
Cetakan ke : 4
Bahasa : Indonesia
Tebal : 218 + v halaman
ISBN : 9786023758883

BLURB

"Aku selalu berharap bisa menjadi flat shoes untuk melindungi langkahmu, menyertai langkahmu, mengetahui ketika kakimu berjinjit senang, bahkan ketika kakimu terjatuh dan sakit."
Kau tahu? Hampir setiap gadis yang kutemui mengatakan nyaman jika kakinya berada dalam sepasang flat shoes. Tanpa perlu paksaan untuk bertahan pada hak tinggi. Melemaskan kaki sesukanya, melangkahkan kaki sekencangnya hingga kau bisa berlari. Dan mulai saat ini, injak flatshoes-mu, buatlah kakimu nyaman melangkah. Jangan pedulikan dia terinjak, terkotori, berdebu, bahkan rusak. Karena flat shoes-mu adalah aku. 
Aku mencintaimu. Ketika pertama aku melihatmu, aku benar-benar merasa bahwa aku mencintaimu. Aku selalu berharap bisa menjadi flat shoes untuk melindungi langkahmu, menyertai setiap langkahmu, mengetahui ketika kakimu berjinjit senang bahkan ketika kakimu terjatuh dan sakit. Semakin aku mencintaimu, aku semakin takut. Aku takut, ketika aku pergi, kau melangkah dengan kaki telanjang. Sesuatu yang tidak aku inginkan adalah... ketika langkahmu menyakiti dirimu sendiri karena aku yang sudah hilang...

RINGKASAN ISI

Mengisahkan seorang wanita bernama Hyeon Mi yang baru putus dengan kekasihnya. Dia bertemu dengan lelaki – yang sebelumnya pernah memberikan flat shoes – merupakan atasannya di tempat dia bekerja, Kyuhyun. Kedekatan mereka membuat Hyeon Mi jatuh cinta kepada atasannya. Begitupun sebaliknya. Namun, Kyuhyun meminta gadis itu untuk mencari lelaki yang lebih baik darinya. Perlahan Hyeon Mi tahu bahwa atasannya sakit. Hyeon Mi pura-pura dan berusaha agar Kyuhyun menganggap dirinya telah memiliki lelaki lain. Meskipun berakhir sedih.

ULASAN

Novel berlatar Korea pertama yang saya baca adalah Summer in Seoul karya Ilana Tan dan saya suka. Ketika melihat novel ini, saya berharap mendapatkan cerita yang menarik minimal seperti Ilana Tan. Ya saya tahu cara menulis setiap orang berbeda. Oleh karena itu, saya menaruh ekspetasi tinggi terhadap novel ini ketika membuka halaman pertama. 
Alur yang datar namun memiliki quote yang bagus. Karakternya tidak dibentuk secara total, bahkan mantan Hyeon Mi yang dari awal diceritakan malah seperi angin yang tetiba muncul dan hilang begitu saja. Saya selalu mencoba melewati beberapa halaman untuk mengetahui apakah saya masih bisa mengikuti alurnya atau tidak. Ternyata, saya masih bisa mengikutinya tanpa kehilangan hal penting dari ceritanya sendiri. Bagian akhirnya yang sedih, sepertinya sebagai senjata penulis untuk mengurangi kekecewaan pembaca, meskipun akhir yang biasa dilakukan di beberapa novel melow.
Ceritanya saya rasa klasik ala-ala drama Korea. Bahkan nama tokoh prianya seperti nama salah satu member sebuah idol. Mungkin penulis mengidolakanya. Mungkin, cocok buat yang memang penyuka drama Korea.


Rose Diana
311017
21.26

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)