Ulasan Novel Les Masques - Indah Hanaco



 

Judul : LES MASQUES
Penulis : Indah Hanaco
Penerbit : Grasindo
Tahun Terbit : Maret 2014
Tebal : 240 halaman
ISBN : 978.602.251.465.7

Blurb
Fleur Radella, lahir karena kebuasan hasrat yang tak bisa ditolak. Elektra Valerius, jiwa berani yang terpaksa bersemayam di tubuh yang salah. Tatum Honora, gadis pemurung yang tercipta karena ketidakmampuan manusia menundukkan diri sendiri.

Semua yang dimulai di masa lalu, tak seharusnya menjadi hantu yang menempel tanpa pengampunan. Lalu Adam Dewatra hadir. Menggenapi jejak horror masa lampau.

REVIEW

Bercerita tentang seorang gadis bernama Fleur Radella yang memiliki tiga Alter Ego. Alter ego-nya lahir sejak dirinya kecil yang kerap mendapatkan perlakuan kasar dan menyakitkan dari orang terdekatnya yang seharusnya melindungi. Marini, neneknya seringkali memperlakukan kasar dengan sikap dingin. Sang nenek menganggap Fleur adalah penyebab kematian anak kesayangannya, Renne Isabel adalah ibunya Fleur. Fleur pernah dikurung di dalam kamar mandi yang gelap sewaktu kecil oleh Marini. Kejadian itu membuatnya berubah menjadi pendiam hingga lahirlah alter egon yang pertama, Elektra Valerius: memiliki jiwa meledak-ledak, spontan dan cerdas. 
Sepeninggalnya Renne, Fleur dirawat oleh Nana. Xander merupakan saudara kembar Renne, ikut berperan dalam masa lalu kelam gadis itu. Xander juga bisa dibilang penyebab Renne hamil karena memperkenalkan laki-laki yang tak lain temannya sendiri. Kehamilan Renne membuat Marini geram. Kegeraman Marini lengkap dengan kematian anak kesayangannya setelah melahirkan Fleur. Karena itu Marini sangat membenci Fleur. Kebaikan Nana terhadap Fleur tidak sama dengan suaminya, Pak Damar. Lelaki itu sudah melakukan perlakuan yang tidak senonoh kepada Fleur kecil. Dan, kejadian itu membuat Tatum Hanora lahir. Tatum merupakan alter ego yang memiliki jiwa muram. 

Elektra merupakan alter ego yang mendominasi. Fleur kerap mengalami kehilangan memori setiap Elektra mengambil alih tubuhnya. Terutama saat mengambil keputusan menjadi model, meracuni Marini dan mencelakai Audrey. Meskipun begitu, Elektra yang membantu Fleur meraih kesuksesan di dunia entertaimen. Beda dengan Tatum yang jarang mengambil alih. 

Pada Ending, penulis membuka kembali satu alter ego lagi yang menjawab pertanyaan ketika Fleur datang ke pesta bersama Charlie, sutradara-nya. Adam Dewatra adalah alter ego yang lahir ketika Fleur dicelakai oleh Pak Damar. Saat Charlie akan melakukan perlakuan yang tidak senonoh, Adam keluar untuk menyelamati Fleur hingga setelah kejadian itu, Charlie tidak ingin berhubungan kerja dengan Fleur. Kejadian itu membuat Charlie mengalami patah hidung dan satu telinganya tuli. 

Buku ini adalah novel pertama Indah Hanako yang saya baca. Kesannya diluar ekspetasi meskipun tidak keseluruhan yang saya cari di dalamnya. Hal yang mengganjal adalah di salah satu bagian, penulis menerangkan detail yang dilakukan masing-masing alter ego ketika tengah berbincang. Saya jadi teringat film Billy Miligan ketika semua alter ego-nya keluar. Apakah mungkin perbincangan Elektra dan Tatum haya sekedar di dalam pikiran bawah sadar Fleur, sedangkan di waktu bersamaan, Fleur tengah bersama Enrico. Pada saat itu, berarti Fleur berperan sebagai siapa? Sedangkan kedua alter ego tengah mengambil alih. Pada film Sybil, dijelaskan seluruh alter ego mengambil alih secara bergantian. Selain itu, di halaman 97 penulis menceritakan bahwa Utari dan Xander sepupu jauh, berarti sepupu jauh juga dengan Renne. Tapi, pada halaman 173 dijelaskan bahwa Utari dan Renne berteman baik. Bukankah mereka sepupuan? 

Penulis berhasil menggambarkan masing-masing alter ego dengan karakter yang berbeda. Elektra dengan kriminalnya, Tatum dengan kemuramannya, dan Adam dengan kekuatan lelakinya meskipun hanya segelincir diceritakan.

Saya mendapatkan buku ini sudah lama di tahun 2016 dalam bazar namun baru dibaca sekarang. Dulu, belum tertarik dengan gendre thriller. 

Sekian dan terimakasih.

Rose Diana
310117
23.59

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)