Ulasan Novel Hujan - Tere Liye


Judul                                                    : HUJAN
Penulis                                                 : Tere Liye
Penerbit                                              : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit (Indonesia)                  : Januari 2016
Cetakan ke                                         : Kedua
Tebal                                                   : 320 Halaman
ISBN                                             : 978.602.032.478.4
BLURB                                        : Tentang Persahabatan, Tentang Cinta, Tentang Perpisahan, Tentang Melupakan, Tentang Hujan

UNSUR INTRINSIK NOVEL

·                Tema                                        : Cinta dan Persahabatan
·                Latar Belakang                      : Bumi di jaman serba teknologi canggih
·                Waktu                                      : 21 Mei 2042
·                Suasana                                   : Menegangkan dan beberapa part semangat
·                Alur                                           : Maju mundur
·               Gaya Bahasa                          : Sederhana dengan sisipan ilmu bumi di dalamnya seperti gempa bumi sampai hujan asam
·              Pesan                                       : Bukan seberapa lama umat manusia bisa bertahan hidup sebagai ukuran kebahagiaan,tapi seberapa besar kemampuan mereka memeluk erat-erat semua hal menyakitkan yang mereka alami.
·                Penokohan           
Lail                                            : Gadis yang ditinggalkan kedua orang tuanya sejak bencana gempa bumi. Dia menjadi anak yatim piatu dan tinggal di panti asuhan hingga dewasa. Jiwanya terpanggil untuk menolong orang lain. Ia menyukai Esok sejak tragedi bencana dan menyimpan kenangan bersama lelaki itu. Namun patah hati membuat dirinya ingin menghapus masa lalu yang menyedihkan itu.
Maryam                                  :Sahabat Lail. Teman satu kamar di panti asuhan. Rambut keritingnya adalah ciri khas gadis itu. Jiwanya yang semangat dan penuh persahabatan selalu membuat Lail nyaman berteman dengannya. Maryam selalu ada buat Lail hingga dewasa. Dan Maryam pula yang membuat Lail lebih bersemangat.
Elijah                                        : Psikiater yang menangani Lail saat ingin menghapus masa lalunya. Elijah juga sempat merasakan bencana gempa bumi beberapa tahun lalu itu. Dia pun menasihati Lail untuk tidak menghapus masa lalunya.
Soke Bahtera (Esok)           : Lelaki yang berteman dengan Lail. Bisa dibilang, Esok adalah sosok yang menjaga Lail saat bencana waktu itu. Anak yang cerdas dan akhirnya diadopsi oleh Walikota.
Claudia                                   : Anak Walikota yang cantik dan menawan. Gadis ini yang dicemburui Lail sebab sering bersama Esok. Namun sebenarnya Claudia adalah gadis yang baik dan bersikap sopan kepada siapa saja termasuk Lail dan Maryam.

Kelebihan                                         : Kesan pertama membaca karya Tere Liye tidak mengecewakan. Ini novel Beliau yang saya baca. Semua tentang cinta, persahabatan, perpisahan, hujan dan melupakan ada dalam satu buku. Setiap bab-nya ada kejutan akan pertanyaan di bab sebelumnya. Alurnya yang maju mundur pun kesukaan saya, sebab tidak terlalu monoton. Ekspetasi saya dari melihat kover berbeda dengan isinya. Ya, penuh kejutan.
Kekurangan                                        : Sayang sekali menceritakan hujannya hanya beberapa bab di awal. Seterusnya tidak ada. Tapi mungkin maksud dari judul hujan karena di setiap hujan, ada kenangan yang diingat tokoh utama dalam hidupnya.
Alasan Baca Novel ini                    : Ini novel Tere Liye pertama yang saya baca. Warna biru yang manis menjadi daya tarik untuk beli novel ini. Apalagi di belakangnya tidak tersedia blurb seperti novel kebanyakan, membuat saya penasaran dengan isinya.


Rose Diana



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Memoirs of A Geisha - Arthur Golden

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)