Kepribadian Majemuk / DID (Disability Identity Disorder)


KEPRIBADIAN MAJEMUK / DID (Disability Identity Disorder)


Shirley Ardell Mason atau dikenal dengan panggilan Sybill adalah seorang yang memiliki kepribadian majemuk dengan 16 kepribadian di dalamnya (Clara, Helen, Marcia, Marjorie, Mary, Mike (laki-laki), Nancy Lou Ann Baldwin, Peggy Ann Baldwin, Peggy Lou Baldwin, Ruthie, Sid (laki-laki), Sybil Ann, Sybil Isabel Dorsett, Vanessa Gaile, Victoria Antoniette Shcarleu (Vicky) dan pribadi terakhir yang tidak diketahui namanya). Sekarang disebut DID (Disability Identity Disorder)
Di awali dari masa kecilnya yang mendapat perlakuan buruk dari ibunya yang mengidap skizoferenia. Sybil pun tidak bisa mengepresikan sedih, marah dan menangis. Karena itulah semua kepribadian itu merasa kasihan terhadap sybil dan menyatu dalam tubuhnya. Mereka semua menganggap Sybil kepribadian yang baik hanya saja mendapat lingkungan yang mengkhawatirkan. Sybil seringkali melakukan sesuatu di luar kesadarannya. Terkadang dia ceria, marah, memecahkan kaca, menyanyi, melukis, bermain piano namun seringkali ia lupa telah melakukan itu semua. Semua kepribadiannya itu seolah saling melengkapi kepribadian Sybil yang tidak bisa mengekpresikan emosinya. Hingga ia bertemu dengan Dr. Wilburr yang menolongnya untuk menyatukan semua kepribadiannya menjadi satu, kepribadian utuh Sybil. Sebelas tahun Sybil melakukan konsultasi dengan Dr. Wilburr hingga ia melakukan hipnoterapi untuk menyembuhkannya. Dr. Wilburr meminta untuk tidak membenci ibunya karena sejahat apapun ibu, sebagai anak tidak boleh membenci ibunya.
Tahun 1998 Sybil meninggal dunia. Ditemukan beberapa lukisan. Menurut seniman saat itu, lukisan itu adalah hasil dari karya berbagai beberapa pelukis padahal semua lukisan itu dilukis oleh satu tangan, tangan Sybil.
Kisah Sybil sudah difilm-kan. Sayangnya, Dr. Wilbur tidak meninggalkan laporan dalam bentuk jurnal ilmiah perihal ini.

Satu lagi yang mengidap DID adalah Billy Maligan yang mempunyai 24 kepribadian. Billy Maligan memiliki nama asli William Stanley Milligan. Billy Milligan pertama kali memunculkan kemajemukannya pada saat berusia 3 tahun, Christine, seorang gadis kecil yang menderita disleksia. Adapun beberapa kepribadiannya yang ternyata menyelamatkan nyawanya. Pada saat Billy memasuki usia 16 tahun, ia mencoba bunuh diri, tetapi kepribadian yang bernama Ragen (Rage Again) menghentikan tubuhnya, menghindarkan Billy dari percobaan bunuh dirinya. Sepuluh kepribadian dari mereka adalah ‘yang diinginkan’ dan sisanya adalah ‘yang tidak diinginkan’. Dari semua kepribadian tersebut akan memunculkan satu kepribadian, sang guru.
Billy pun merupakan orang pertama dalam sejarah Amerika yang dianggap tidak bersalah atas berbagai tindak kejahatan serius dengan alasan tidak waras.

Dari kedua kasus kepribadian majemuk di atas, apa yang kalian pikirkan? Apa pendapat kalian akan hal itu? Apakah memang benar ada kepribadian majemuk itu atau sekedar ilusinasi semata?

Mari kita berdiskusi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Memoirs of A Geisha - Arthur Golden

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)