Alegori Kehidupan

Ladang Allah itu luas. Jika ladang ini bukanlah tempat untuk bercocok tanam strawberry, maka di sisi sebelah sana pasti ada tanah yang bisa ditanam strawberry. Setiap ladang sudah Allah tentukan tanaman apa saja, kapan harus panen, kapan kena hama, dan masa suburnya.
Rose Diana
280317
21.17

Lingkaran sasaran (concentric points) dalam olahraga panahan selalu diberi warna yang berbeda, tergantung tingkat poinnya. Di lingkaran paling tengah memiliki poin sempurna. Hanya sepersekian atlit yang mampu menancapkan semua anak panah tepat di poin tertinggi itu. Apa yang dicari atlit itu? Jelas, mendapatkan jumlah poin setinggi mungkin. Walaupun anak panah pertama yang diterbangkan tertancap di poin terendah, atlit terus yakin bahwa anak panahnya akan mendarat di poin sempurna, meskipun pada anak panah terakhir, bahkan di detik-detik terakhir. Selama latihan, mereka bukan sekedar dituntut giat latihan tetapi ada satu hal yang paling penting, Fokus.

Rose Diana
290317
20.57

Rendang adalah masakan yang paling nikmat, bahkan kenikmatannya diakui dunia. Pun, makanan yang menggunakan belasan bumbu dapur. Bila kurang satu, rasanya akan berbeda. Membuat rendang butuh kesabaran, tak kenal panas dan lelah, meski peluh telah mengucur akibat uap panasnya. Ketika santan mulai mengental, rendang harus tetap diaduk. Jika tidak, santan akan membongkah dan mengakibatkan pada rasa yang tidak lagi pas. Penggunaan tungku dan kompor pun mempengaruhi rasanya, jelas menggunakan tungku lebih sedap namun membutuhkan waktu lebih lama.
Satu hal yang penting dalam membuat rendang, kesabaran dan ketelatenan mempengaruhi kenikmatan rasa. Bila kenikmatan itu dirasakan oleh penyicip, maka kesabaran dan peluh terbayar sudah—rasa puas pasti ada. Tak ada yang sia-sia dari kesabaran.

Rose Diana
300317 
15.00

Prespektif sebuah seni tidak bisa dilihat dari satu arah dan satu suara, begitu pula dengan karya seorang penulis. Menulis bisa pula dimasukkan ke dalam seni, sebab menilai sebuah tulisan tidak bisa dilihat dari satu sudut dengan presepsi yang lebih dominan. Hal itu bergantung dalam persoal selera. Kemampuan seseorang dalam menilai sebuah karya tidaklah sama. Meskipun karya tersebut dibilang absurd ataupun abstrak, bagi orang yang menyukai hal itu akan menilainya sebuah seni yang memukau. Namun jika orang yang tidak suka dengan karya abstrak akan menganggapnya bukanlah seni.
Persoal perbedaan ini tak lepas dari presepsi pada sebuah kehidupan. Bila pada masalah yang sama dengan prespektif yang berbeda akan menghasilkan pendapat, anggapan dan penyelesaian yang berbeda pula. Se-abstrak apapun permasalahan jika dilihat dari sudut positif, maka saraf, seluruh indera serta otak akan bersinergi positif sehingga timbullah penyelesaian, bukan penyesalan.
Prespektif = (berbanding lurus) Presepsi.

Rose Diana
050417
17.46

Hidup ini seperti pohon yang memiliki banyak ranting. Berdiri dengan batang yang sangat kokoh, menahan segala guncangan yang ada di bumi. Menguatkan akar dengan bersatu pada bumi. Meskipun terlihat kokoh, ia memiliki ranting yang rapuh. Hanya beberapa ranting yang akan bertahan hingga menumbuhkan daun baru, bahkan bunga dan buah sekalipun. Ranting itu bisa menjadi ujian ataupun hadiah manis dari Sang Pencipta. Ia hidup karena Dia mengizinkannya hidup.
Rose Diana
180417
03.37 pm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lipstik Cair Dari Lipstik Padat (How To Make A Liquid Lipstick From Solid Lipstick)

Ulasan Novel Pulang - Tere Liye

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Memoirs of A Geisha - Arthur Golden

Drama Serial Caution, Hazardous Wife (Okusama wa, Tori Atsukai Chui / Wife, Handle with Care)