Ulasan Buku Terjemahan Sang Musafir - Kahlil Gibran




Judul                                                    : SANG MUSAFIR
Penulis                                                 : Kahlil Gibran
Penerbit                                                : Penerbit KPG
Tahun Terbit (Indonesia)                     : 2016
Cetakan ke                                           : -
Tebal                                                    : 104 Halaman + vi
ISBN                                                    : 978-602-424-081-3
Blurb                                                   : Sang musafir adalah pengejewantahan jiwa yang mengembara menemui insan-inan kehidupan yang terasingkan karena takdirdan perputaran waktu. Ia bukan kelana yang memanjakan hasrat bertualang, tapi musafir yang ingin melihat segala kejadian dan warna-warna pesona alam, serta menasirkan segala hakikatnya secara arif khas Gibran.

Unsur Intrinsik Novel

·                Tema                                        : Kisah perjalanan yang penuh makna (Kumpulan Kisah Pendek)
·                Latar Belakang                       : Di berbagai tempat persinggahan sang musafir
·                Waktu                                      : Di berbagai waktu
·                Suasana                                   : Ringan dan penuh makna
·                Alur                                          : Maju
·           Gaya Bahasa                     : Ringan untuk ukuran terjemahan. Mungkin dalam bahasa asli, Gibran menyampaikan dengan berbagai kiasan sastra.
·          Pesan                           : Ada berbagai kisah di sepanjang perjalanan, dari kisah pedih, penderitaan hingga kebahagiaan.
·         Penokohan                          : Gibran seringkali tidak menamai tokoh tersebut. Di cerita pendeknya Gibran menamai tokohnya dengan berbagai perumpamaan, seperti ‘orang itu’, ‘dua orang lelaki’, ‘wanita penari’, dll.

Kelebihan                                         : Gaya bahasanya yang seringkali penuh kiasan dan makna sebagai kekuatan Gibran dalam karyanya. Penyampaian yang sederhana namun penuh makna juga termasuk kelebihan dari karyanya. Bagaimana tidak, Gibran dikenal sebagai ahli filsuf.

Kekurangan                                        : Kisah-kisahnya terlalu pendek untuk diceritakan. Andai saja dipanjangkan lebih sedikit akan lebih menarik dan lebih sarat makna.


Alasan Baca Novel ini                      : Awal mula beli buku ini karena warna kovernya yang nge-pink. Biasanya karya Gibran dikoveri dengan gaya klasik namun kini dikoveri lebih muda dengan warna yang menarik dan desain yang elegan. Selain itu, Kahlil Gibran termasuk salah satu pujangga yang saya ketahui sejak SMP. Jadi ketika melihat nama Kahlil Gibran ada di rak toko buku, saya langsung membawanya ke kasir dan dibawa pulang.


Rose Diana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) - Pidi Baiq

Ulasan Novel Hyouka - Yonezawa Honobu

Ulasan Novel Heaven On Earth - Kaka HY

Ulasan Novel Gabriel Finley & The Raven's Riddle - George Hagen

Masa Lalu #Monolog